Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Negeri 5 Poleang Timur Kabupaten Bombana
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v1i2.9Keywords:
Gaya kepemimpinan, demokratis, kepala sekolahAbstract
Tujuan pembelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 5 Poleang Timur Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 6 orang, sedangkan informan penelitian 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles & Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 5 Poleang Timur Kabupaten Bombana yaitu gaya kepemimpinan demokratis yang ditandai dari cirinya: gaya yang lain tidak ditemukan dalam kepemimpinanya. Ciri-ciri gaya kepemimpinan demokratis yang selalu dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMP Negeri 5 Poleang Timur, yaitu: 1) senang menerima saran, pendapat dan kritik dari bawahan; 2) mengutamakan kerja sama dalam mencapai tujuan; 3) memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada bawahan dan membimbingnya; dan 4) mengusahakan agar bawahan lebih sukses dari pada dirinya.
Downloads
References
Al Rosid, M. H., & Mukarromah, M. (2020). Korelasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v1i02.676
Gusman, H. E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMPN Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan,2(1), 293-831. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3764
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i2.473
Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah. 22(1), https://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6
Sari, A.J.D.R., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329-333. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846
Puspitasari, D., Rofiq, A., Asy’ari, H., & Nasucha, J. A. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 70-83. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/196
Zulfan, Z., Musifuddin, M., & Murcahyanto, H. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Sistem Kontrol dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1693
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irma, Andi Syahrir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.