Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 14 Konawe Selatan

Authors

  • Tri Novita Berlian Universitas Halu Oleo
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo

Keywords:

Peran Guru, kedisiplinan, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menigkatkan kedisiplinan siswa dan bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat disiplin siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru bimbingan konseling, dan 4 orang siswa SMP Negeri 14 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model Mills dan Huberman, yaitu meliputi aktivitas pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku guru sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa agar menjadi lebih baik dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa disekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sangat penting khususnya dalam membina serta membimbing siswa kearah yang lebih baik dan mengetahui hal-hal yang bisa saja mempengaruhi kedisiplinan siswa yang menjadi kendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulina, C. N., (2017). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Bhughe, K. I., (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewaragenagaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113-125. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Gunawan, H., (2012). Pendidikan Karakter. Konsep dan Implementasi. Bandung Alfabeta.

Julianto, I. R. & Umami, A. S., (2022). Peran Guru dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta, 208-216. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/208-216

Khalsa, S. N. (2008). Pengajaran Disiplin dan Harga Diri. Jakarta. PT. Indeks.

Kurniasari, M.D., (2012). Analisis Tingkat Keputusan Mitra Usaha Terhadap Kualitas Pelayanan Di PT Angkatan Pura 1 (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi

Rohman. N., (2019). Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas V di MIN Jombang. Jombang: UIN Maulana Malik Ibrahim. https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Rudiawan, R. & Asmaroini, A. P., (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55-63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332.

Sugiarto, A.P., (2019). Factor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Berebes. Jurnal Member Ilmu, 24(2), 52-56. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wahyono, B., (2012). Pengertian Kedisiplinan Belajar https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/kjim/article/download/2056/1005

Wulandari, D. O. & Hodriani. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(3), 139-147. https://doi.org/10.34007/jehss.v1i3.28

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Articles