Implementasi Kegiatan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Mowewe

Authors

  • Friska Ekalivia Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo

Keywords:

Implementasi, pengelolaan kelas, pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan guru dalam mengimplementasikan kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Mowewe. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan tentang implementasi kegiatan pengelolaan kelas pada pembelajaran PPKn dengan menggunakan pedoman wawancara. Responden penelitian ini  adalah  guru  PPKn  dan 6 orang siswa, sedangkan informan penelitian ini Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mowewe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn sudah dilakukan melalui beberapa komponen, yakni: guru mengkondisikan kelas sebelum memulai pelajaran, guru memberi materi dan memeriksa pekerjaan siswa, dan guru memberi pekerjaan rumah. Hambatan dalam implementasi kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn, yaitu: hambatan yang bersumber dari kesadaran siswa sendiri. Upaya guru mengatasi hambatan dalam implementasi kegiatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn, yaitu: kesabaran, sanksi, mengelompokan siswa, dan memberi perhatian lebih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhruriza, O., (2020). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Inovatif. Al-Muqkidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 63-75. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.180

Firmansyah, Y., Susanto, E. & Adha, M. M., (2020). Pengelolaan Kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Disiplin Belajar. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 5(1), 72-76. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1329

Minsih, M., (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20-27. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Rahmania, A., (2022). Pengelolaan Kelas dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 30-43. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.41732

Susanto, E., & Komalasari, K. (2015). Pengaruh Pembelajaran, Habituasi Dan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Civic Disposition Siswa SMA Negeri Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilimiah Mimbar Demokrasi, 15(1), 60-68. https://doi.org/10.21009/jimd.v15i1.9111

Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsono, S., (2016). Kegiatan Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(5), 469-476. https://www.neliti.com/publications/270693/pengelolaan-kelas-dalam-meningkatkan-belajar-siswa.

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Articles