Pola Asuh Anak pada Keluarga Orang Tua Tunggal (Studi di Desa Gusumotaha Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali)

Authors

  • Firman Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Irawaty Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Parenting, Children, Single Families

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh anak pada keluaraga orang tua tunggala di Desa Gusumotaha Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini terbagi atas dua, yakni responden penelitian berjumlah 7 orang dan informan penelitian berjumlah 5 orang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Tehnik analisis data yaitu data reduksi (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh anak setiap orangtua tunggal yang dilakukan oleh ibu/ayah sebagai single parent dalam keluarga dimana ia mengambil peran ganda didalam keluargaya serta perbedaan mendidik anak masing-masing keluarga sangat menonjol, Sperti pola pengasuhan secara otoriter, secara permisif, secara demokratis dan secara penelantar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Firman, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Irawaty, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

References

Adawia, rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(3), 33-48. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534.

Ade, P., Ruli, H., & Andriani, R., (2020). Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Terhadap Pengaturan Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 8(2), 12-27. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.32300

Anisa, Ani Siti. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA 5(1), 70-84. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.43

Ayuwanty, F, Mulyana, N., & Zainudin, M., (2018). Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua Tunggal (Kasus Anak Yang Diasuh Oleh Ayah). Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 148-159. https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.

Baumrind. (2007). Macam-macam Pola Asuh Orang Tua. Semarang: Cendekia.

Hadi, Warsito. (2019). Peran Ibu Single Parent dalam Mementuk Kepribadian Anak. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 9 (2), 14-20. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/459/320.

Hyoscyamina, Darosy Endah. (2011). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Udayana. 10(2), 2-18. https://doi.org/10.24843/JPU.2022.v09.i02.

Monks. (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Palupi, D. R., Wrastari, A. T., & Psi, S. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang tua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 140-157.

https://journal.unair.ac.id/JPPP@table_of_content_53_volume8_nomor2.html.

Prasetyo, G,Tembong. (2003). Pola Pengasuhan Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal e-Biomedik, 3(1), 178-183.

Suryati, Meryland & Emmy Solina. (2019). Peran Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mendidik Anak di Desa Lancang Kuning Utara. Jurnal Masyarakat Maritim, 3(2), 1-9.

https://moraref.kemenag.go.id/archives/journal/98971903384882624.

Sutikno, E. (2011). Hubungan Fungsi Keluarga dengan Kualitas Hidup Lansia (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Downloads

Published

2023-05-03

Issue

Section

Articles