Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam Pelayanan Pasien Penyakit Diabetes Melitus Pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. L.M. Baharuddin di Kabupaten Muna
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.48Keywords:
Implementasi, BPJS, pelayanan pasien, diabetes melitusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Program BPJS Kesehatan dalam pelayanan pasien penyakit diabetes melitus dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan dalam pelayanan pasien penyakit diabetes melitus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Laode. M. Baharuddin, M.kes Kabupaten Muna. Teknik pengumpulan data menggunakan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah tekumpul selanjutnya dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan aktivitas dalam analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program (BPJS) Kesehatan dalam pelayanan pasien penyakit Diabetes Melitus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. L.M. Baharuddin, M.Kes Kabupaten Muna dapat dilihat dari 3 indikator yaitu organisasi, interpretasi, dan aplikasi. Temuan hasil penelitian bahwa indikator organisasi ini memiliki struktur yang terkoordinasi dengan baik, kemudian indikator interpretasi, dalam menginterpretasikan Program BPJS kesehatan muncul dari minimnya sosialisasi dan informasi yang jelas, perbedaan tingkat pemahan pasien, keterbatasan waktu untuk penjelasan dan akses informasi yang tidak merata. Sementara indikator aplikasi menunjukan bahwa aplikasi BPJS kesehatan dalam penyedian pelayanan rutin dan pembayaran telah berjalan sistematis, meskipun masih terdapat kendala teknis yang perlu diatasi. Sementara itu, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Program BPJS kesehatan yaitu Komunikasi, sumberdaya, desposisi, struktur birokrasi. Temuan hasil penelitian bahwa indikator komunikasi masih kurang efektif meskipun pihak rumah sakit telah melakukan beberapa langkah komunikasi, seperti media visual, serta pendekatan personal dari tenaga medis, ada beberapa pasien yang merasa informasi terkait BPJS belum cukup disosialisasikan dengan baik. Kemudian indikator sumber dayanya, meskipun memadai namun masih sering mengalami keterlambatan, indikator disposisi dalam memberikan pelayanan sikap para petugas rumah sakit sudah cukup baik dan profesional dalam memberikan layanan pada masyrakat, indikator struktur birokrasi sudah berjalan cukup baik, meskipun masih menghadapi sedikit hambatan, misalnya pasien poli datang di rumah sakit tanpa rujukan, pasien datang tapi kartu bpjsnya non aktif.
Downloads
References
Abdal. (2015). Kebijakan Publik (Memahami Konsep Kebijakan Publik). UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 173. http://repository.unimal.ac.id/3602/1/Pertemuan2Kebijakan.pdf
Bataren, S., Rumapea, P., & Kiyai, B. (2018). Implementasi Kebijakan Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol di Kabupaten Minahasa Tenggara (Studi di Kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara). Jurnal Administrasi Publik, 1-11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19234/18785
Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83. https://doi.org/10.29210/3003906000
Dheasye, Aryani, & Niken, A. A. (2021). Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Penderita Diabetes Mellitus (Studi Di Puskesmas Kebondalem Kabupaten Pemalang). Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 10(2), 193-206. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/51913
Dianingsih, T. M., Adi Utarini, & Haryo Bismantara. (2022). Strategi Optimalisasi Pelaksanaan Program Rujuk Balik Pasien Diabetes Melitus Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Pancoran. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 25(4), 145-152. https://doi.org/10.22146/jmpk.v25i4.6214
Fajriansyah, M., Muchsin, S., & Suyeno, S. (2022). Implementasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Studi Kasus tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Unisma. Respon Publik, 16(9), 85–92. http://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/17960
Hairil Akbar. (2016). Perpustakaan Universitas Airlangga. Toleransi Masyarakat Beda Agama, 30(28), 5053156.
Handoyo, E. (2010). Kebijakan Publik sebagai Kebijakan Publik. Jurnal Medtek, 2(3), 78-91.
Hasrillah, Cikusin, Y., & Hayat. (2021). Implementasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Program BPJS Kesehatan: Studi Pada Puskesmas Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2869–2882. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.594.
Irfan, M. (2021). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Kota Bima (Studi Kasus di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Bima) M. Irfan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima. 18(2).
Kemenkes RI. (2022). Panduan Layanan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia sehat (JKN-KIS). In Jaminan Kesehatan Nasional.
Kinerja, A., Publik, P., Kesehatan, B., Program, P., Kesehatan, B. B., Rumah, D., Umum, S., Sayang, D., Cianjur, K., Djuarni, W., Mulyadi, D., & Agustina, T. (2021). Analisa Kinerja Pelayanan Publik Bidang Kesehatan Pada Pelaksanaan Program Bpjs Bidang Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Kabupaten Cianjur. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5, 2781–2792. https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/362
Lestari, D. Y., Kusnandar, I., & Muhafidin, D. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Transparansi Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Secara Elektronik di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 180–193. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/3426
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sdn Sindangsari Iii. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119-128. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Mansur, J. (2021). Implementasi Konsep Pelaksanaan Kebijakan dalam Publik. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 324-334.
Maulidiah, S., Wasisistiono, S., & Rauf, R. (2014). Pelayanan Publik: Pelayanan Administrasi Terpadu kecamatan (PATEN). In Indra Prahasta: Bandung.
Moniung, R. E., Singkoh, F., & Liando, D. M. (2017). Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan Kabupaten Minahasa. Journal of Chemical Information and Modeling.
Mustamin, N. (2018). Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Umum Daerah Padjonga Dg. Ngalle Di Kabupaten Takalar.
Nur, A. C., & Guntur, M. (2019). Analisis Kebijakan Publik. Analis Kebijakan Publik, April, 147.
NUR, S. I. (1994). Implementasi Program Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (Bpjs Kesehatan) di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai. 12610410010.
Nurdin, I. (2019). Kualitas pelayanan publik: Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Media Sahabat Cendekia, 20.
Pramono, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. In Unisri Press.
Pratama, R. A., Nurfalah, S., & Justawan, J. (2023). Kualitas Pelayanan Kesehatan RSUD Dr. H. L. M. Baharuddin, M.Kes: Analisis Deskriptif dari Perspektif Teori Pelayanan. PAMARENDA : Public Administration and Government Journal, 3(2), 199. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v3i2.46034
Putra Kesmawan, A., & Mutiarin, D. (2014). Implementasi Kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Governance and Public Policy, 1(3). https://doi.org/10.18196/jgpp.2014.0017
Rachman, M. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. In Tahta Media Group.
Suryani, A. I., & Suharyanto, A. (2016). Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 86–99. http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma/article/view/889
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. In Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 La Manguntara, Asep Junaedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.