Implementasi Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 4 Tomia
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.47Keywords:
Impelemntasi, tata tertib, disiplin belajar, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap peningkatan disiplin belajar siswa SMP Negeri 4 Tomia; dan 2) bentuk-bentuk pelanggaran dalam implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap peningkatan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 4 Tomia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari responden penelitian yaitu 10 orang siswa dan informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakasek kesiswaan, Guru PPKn, Guru BK, Guru Piket dan 3 Wali Kelas SMP Negeri 4 Tomia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap peningkatan disiplin belajar siswa SMP Negeri 4 Tomia, telah di laksanakan dengan efektif. Implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah yaitu tentang pakaian ssekolah, rambut, kuku, tato dan perhiasan, saat masuk, di dalam, dan pulang sekolah, upacara bendera dan peringatan hari-hari besar, kegiatan belajar mengajar, kegiatan keagaamaan dan penguatan profil pelajar pancasila, kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler, dan penggunan fasilitas sekolah, dan pemakaian handphone. Bentuk-bentuk pelanggaran pelanggaran dalam implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap peningkatan disiplin belajar siswa yaitu Terlambat, Melengkapi atribut sekolah, Mengganggu dalam proses pembelajaran, Bolos atau tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Upaya sekolah dalam implementasi pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap peningkatan disiplin belajar siswa yaitu sosialisasi, pengawasan, sanksi dan penghargaan, pelatihan dan edukasi serta evaluasi.
Downloads
References
Ahid, S. A. (2017). Hubungan Kontrol Diri dan Interaksi Edukatif Guru-Murid Terhadap Kedisplinan Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 2(3) 56-63. https://eprints.ums.ac.id/57890/
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183-194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Ayunda, C. M., Aminuyati, A., & Okianna, O. (2022). Implementasi Tata Tettib Sekolah Guna Meningkatkan Kedisplinan Bagi Peserta Didik Kelas VII B di MTs Negeri Wajok Hilir Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(7), 3-12. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i7.48273
Cendiana, B., Ronald, J., & Amelia, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pemberian Hukuman dan Motivasi Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pulau Punjung Oleh. Journal of Economic and Economic Education, 6(1), 37- 44. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.2167
Elly, Rosma. (2016). Hubungan Kediplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43-53. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9-19. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899
Fitri, A. H., & Syawaluddin, S. (2023). Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Solok. YASIN, 3(1), 97-105. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i1.847
Hidayat, N. (2019). Penerapan Tata Tertib Sekolah untuk Meningkatkan Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 111-120. https://doi.org/10.54150/thame.v3i2.420
Irwansa, A., & Maf’ul, M. A. (2016). Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Tomalebbi, 2(1), 1-13. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/1670
Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2), 343-351. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p343-357
Rahayu, R. S. (2022). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngambon Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/175/148
Rahmawati, E., & Hasanah, U. I. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 236-245. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/262
Samsudin, S. (2021). Pengaruh Prmberian Hukuman Dalam proses Belajar mengajar Pai Terhadap Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas VIII SMPN 7 Seluma (Doctoral dissertation, UIN FAS Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7564
Sari, D. (2022). Pengaruh Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 247-253. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.31137
Sari, A. K. (2020). Pelaksanaan Hukuman Terhadap Pelanggaran Tata Tertib Siswa MTsN Ampek Nagari KabupatenAgam. El Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 5(1), 78-89. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v5il.46
Suyuthi, A., & Sun'an, A. (2018). Implementasi Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTts Roudlotul Muta’Alimin Moropelang Babat Lamongan. Akademika, 12(2), 151-168. https://doi.org/10.30736/adk.v12i02.175
Zaen, M. T. A., Janiah, B. D., & Fadli, S. (2021). Penerapan Metode SMART dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Sanksi Pelanggaran Tata Tertib Siswa (Studi Kasus:SMK Negeri 1 Pujut). Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 4(1), 63-72. https://doi.org/10.36595/misi.v4i1.220
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124-138. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dayu Intan Sari, Karsadi, Syahbudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.