Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa oleh Guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 14 Kendari

Authors

  • Ratna Ningsih Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Indrawati Syamsuddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.46

Keywords:

Menumbuhkan, sikap toleransi, siswa, guru, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Pancasila dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 14 Kendari. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 orang guru Pendidikan Pancasila, selain itu informan penelitian yakni kepala sekolah, guru Pendidikan Agama, guru BK,  serta masing-masing siswa perwakilan kelas VII, VIII, dan IX. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Pancasila dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 14 Kendari yaitu dilakukan dengan mencontohkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari,  dengan cara menumbuhkan apresiasi siswa terhadap perbedaan, menentang stereotip dan tidak berprasangka serta dengan melatih siswa untuk menerima perbedaan sejak dini dan mengenalkan keberagaman kepada siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Dengan pembiasaan tersebut menjadikan sikap toleransi siswa semakin bertumbuh yaitu dengan menunjukan sikap saling menghormati antar sesama, saling membantu dalam hal kebaikan tanpa memandang suku, agama, ras, dan budaya, serta tidak menertawakan suku, ukuran tubuh, gender, atau otoritas seksual lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, B. B. (2023). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 88-97. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20286

Aldina. (2023). Pendidikan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1), 167-172. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2382

Anggraeni, M., Febriyani, S. A., Wahyuningsih, Y. & Rustini, T. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Sekolah Dasar pada Keberagaman di Indonesia. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16-124. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694

Heriawati, A., & Manik, Y. M. (2023). Pendidikan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 167-172. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2382

Kamal, A. (2023). Implementasi Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 52-63. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.21938

Purnama, S. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5753-5760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1561

Rijaal, K., & Ardini, M. (2021). Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusduruan Indonesia dalam Menyampaikan Toleransi. Syiar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 101-114. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.41

Simbolon, I.A.R, Yatussa’ada, F., & Wanto, A. (2018). Penerapan algoritma backpropagation dalam memprediksi persentase penduduk buta huruf di Indonesia. Jurnal Informatika Upgris, 4(2), 163-169. https://doi.org/10.26877/jiu.v4i2.2423

Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261-1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Srihadi. (2022). Upaya Sekolah Menanamkan Sikap Toleransi. Jurnal Pendidikan, 3(3), 81-90. https://doi.org/31331/jade.v1i1.2282

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Articles