Peran Guru dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Suara Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Rismayanti Universitas Halu Oleo
  • Irawaty Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.45

Keywords:

Peran guru, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, demokrasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 40 Buton, (2) faktor pendukung implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam  kurikulum  merdeka, (3) faktor penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi dalam kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 4 guru fasilitator P5 dan informan penelitian terdiri dari koordinator P5, dan 2 orang siswa kelas VII dan 2 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi di SMP Negeri 40 Buton sudah berjalan dengan baik yaitu peran guru sebagai perencana projek, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pendamping, peran guru sebagai supervisor dan konsultan peran guru sebagai moderator. Faktor pendukung  implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi yaitu adanya semangat dan antuasiasme peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, adanya dukungan dari lingkungan sekolah, dan saling dukung dan kolaborasi antara guru. Faktor penghambat implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema suara demokrasi adalah profil pelajar Pancasila yang merupakan bagian dari kurikulum baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristiawan, A., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Indusri 4.0 Dan Human Society 5.0 Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4205

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015

Falaq, Y. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. In ICIE: International Conference on Islamic Education (2), 367-380. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE

Hamriani, H., & Sudirman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penguatan Profil Pancasila di SDN 213 Lagoci. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2),108-118. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.17

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Jurnal Gatranusantara, 19(2), 202-207. http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/g871

Lase, F. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149-157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Warta LPM, 164-174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.642

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUSINTEK : Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687-706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 176-187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Margayaningsih, D. I. (2018). Peran Masyarakat dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa. Publiciana, 11(1), 72-88. https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.140

Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.405

Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27274

Putri, H. S., Basyar, M. A. K., & Untari, M. F. A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran P5 Peserta Didik Kelas IV SDN Bandungrejo 2 Kabupaten Demak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2472-2486. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.933

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187. https://doi.org/10.51878/social.v1i8.925

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55-63. DOI: 10.24269/ed.v6i1.1332

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sari, I. K., Pifianti, A., & Chairunissa, C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (2), 138-147. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147

Setyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, 8(4). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Pribadi, R. A., Putri, N. F. A., & Ramadhanti, T. P. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa (JIKMA), 1(3), 110-124. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.305

Wati, S. R., & Al Hudawi, U. S. M. A. N. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(1), 14-23. DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v12i1.796

Wibowo, A., & Widiastuti, H. (2023). Peran Guru Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Kasihan. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 150-160. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a7974

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Articles