Implementasi Peran dan Strategi Guru Pendidikan Pancasila Sebagai Komunikator dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Siswa

Authors

  • Temizan Rai Kendari
  • Sulfa Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Reni Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/mores.v3i2.43

Keywords:

Implementasi, peran, strategi, komunikator, sikap cinta tanah air, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran guru Pendidikan Pancasila sebagai komunikator dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa, dan (2) strategi guru Pendidikan Pancasila dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Pancasila, 8 orang siswa kelas XI, 5 orang wali kelas XI dan kepala sekolah SMA Negeri 8 Konawe selatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru sebagai komunikator dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa dengan: (1) Menggunakan retorika yang baik dan tepat dalam mengajar, (2) Menjadi pendengar yang baik terhadap keluhan dan pertanyaan siswa, (3) Melakukan persuasive saat mengajar maupun menghadapi siswa yang tidak disiplin, (4) Melakukan analisis khalayak dalam mengajar, menegur, dan menasehati siswa. Adapun strategi guru dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa yaitu: (1) Pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia disetiap proses pembelajaran, (2) Menjaga kebersihan dan kerapian kelas, (3) Menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum pembelajaran seperti Indonesia Raya dan Garuda Pancasila, dan (4) Mengajarkan materi yang mendukung cinta tanah air seperti nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, S., & Perkasa, A. W. A. P. (2022). Peran Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5589–5596. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6368

Ainiyah, N. (2016). Identitas Diri dan Makna Guru Profesional Sebagai Komunikator Pendidikan (Perspektif Fenomenologis). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i1.32

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(4), 134-139. https://doi.org/10.37251/jee.v2i4.239

Farhan, M. N. (2022). Peran Guru sebagai Komunikator dalam Menanamkan Nilai Karakter Komunikatif (Analisis Film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara Karya Herwin Novianto). JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 46-64. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i2.521

Indriawati, A. (2023). Menumbuhkan Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Journal Cerdas Mahasiswa, 5(1), 23-29. https://doi.org/10.15548/jcm.v5i1.5163

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3905

Lismawati, A., Pribadi, R. A., & Hakim, Z. R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Kegiatan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di SDIT AL-Muhajirin. Jurnal Binagogik, 9(1). https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.45

Lubis, F. G., Putri, A. D., Irvan, R. A., & Jf, N. Z. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i1.25

Ulifah, D., & Suwanda, I. M. (2020). Strategi Sekolah dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik di SMPN 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), 871–886. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p871-886

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Articles