Integrasi Nilai-Nilai Karakter Kerja Keras Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 3 Watopute
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v1i1.4Keywords:
Integrasi, , Nilai Karakter, Kerja keras, Pembelajaran PPKnAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Watopute. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, responden, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Watopute, Tenaga Guru didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 2 orang, Anak didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 25 orang, Metode penelitian dilakukan dengan mengadakan observasi langsung yaitu melakukan pengamatan langsung di SMP Negeri 3 Watopute untuk mengamati keadaan Sekolah, Guru, dan Siswa yang ada di SMP Negeri 3 Watopute. Hasil penelitian menujukan bahwa Integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai karakter. Nilai tersebut meliputi nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, santun, kerja keras, kerja sama, menghargai, bersahabat/komunikatif, teliti dan cermat. Dengan penyesuain pada RPP dan silabus pembelajaran dan ada yang menggunakan teknik peberian tugas kepada peserta didik agar melatih peserta didik untukr dapat bekerja keras dala menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru didik di SMP Negeri 3 Watopute Kesimpulan dari penelitian in bahwa integrasi pendidikan karakter kerja kerasdalam pembelajan PPKn di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaranyang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari dimasyarakat.
Downloads
References
Aryani, Y. D., & Wahyudi, A. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Menggunakan Model Value Clarification Technique (VTC) untuk Mendukung Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Civics, 13(1), 80-92. http://dx.doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Budimansyah & Suryadi. (2008). PKn dan Masyarakat Multikulturan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Keosuma, D. (2010). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekola. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Noor Yanti, Rabaitul Adawiah dan Harpani Matuh. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakuriuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik. Indonesian Journal of Elementary Education, 6(11), 87-98. https://doi.org/10.24235/ijee.202021.6712.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi: Lampiran Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Samawati, Ulma & Iskandar, Ladamay, dkk., (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Ektrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 130-143. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD.
Taneo, P.N.L, Suyitno, H., & Wiyanto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Kerja Keras Melalui Model Savi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 160-175. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/9839
Warsono. (2010). Pendidikan dalam Bidang Studi IPS Melalui Karakter. Seminar Nasional Pendidikan Karakter Kerjasama dengan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) & UNESA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Mores: Moral Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.