Integrasi Nilai-Nilai Karakter Kerja Keras Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 3 Watopute

Authors

  • Yusril Mahendra Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nerlin Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Integrasi, , Nilai Karakter, Kerja keras, Pembelajaran PPKn

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn Di SMP N 3 WATOPUTE. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, responden, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Watopute, Tenaga Guru didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 2 orang, Anak didik SMP Negeri 3 Watopute yang berjumlah 25 orang, Metode penelitian dilakukan dengan mengadakan observasi langsung yaitu melakukan pengamatan langsung di SMP Negeri 3 Watopute untuk mengamati keadaan Sekolah, Guru, dan Siswa yang ada di SMP Negeri 3 Watopute. Hasil penelitian menujukan bahwa Integrasi pendidikan karakter kerja keras dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai karakter. Nilai tersebut meliputi nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, santun, kerja keras, kerja sama, menghargai, bersahabat/komunikatif, teliti dan cermat. Dengan penyesuain pada RPP dan silabus pembelajaran dan ada yang menggunakan teknik peberian tugas kepada peserta didik agar melatih peserta didik untukr dapat bekerja keras dala menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru didik di SMP Negeri 3 Watopute Kesimpulan dari penelitian in bahwa  integrasi pendidikan karakter kerja kerasdalam pembelajan PPKn di SMP Negeri 3 Watopute dapat dilakukan pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaranyang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari dimasyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yusril Mahendra, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Abdul Halim Momo, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Nerlin, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

References

Aryani, Yusinta Dwi & Wahyudi, Andi. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Menggunakan Model Value Clarification Technique (VTC) untuk Mendukung Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Civics, 13(1), 80-92. http://dx.doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528.

Budimansyah & Suryadi. (2008). PKn dan Masyarakat Multikulturan. Bandung: PSPKn SPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Keosuma, Dharma. (2010). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekola. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona. (1992). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Noor Yanti, Rabaitul Adawiah dan Harpani Matuh. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakuriuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik. Indonesian Journal of Elementary Education. 6(11), 87-98. https://doi.org/10.24235/ijee.202021.6712.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi: Lampiran Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Samawati, Ulma & Iskandar, Ladamay, dkk., (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras dan Tanggung Jawab dalam Ektrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). 4(1), 130-143. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD.

Taneo, P.N.L, Suyitno, H., & wiyanto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Kerja Keras Melalui Model Savi Berpendekatan Konseptual. Journal of Mathematics Education Research.Vol 4(1), 160-175.

Warsono. (2010). Pendidikan Dalam Bidang Studi IPS Karakter Melalui, Semi-nar Nasional Pendidikan Karakter, Kerjasama Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) & UNESA, Surabaya, 18-19 Juni 2011.

Downloads

Published

2023-05-03

Issue

Section

Articles