Pelaksanaan Penilaian Pendidikan Pancasila Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i1.36Keywords:
Penilaian, pendidikan Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pelaksanaan penilaian mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari berdasarkan Kurikulum Merdeka; 2) mejelaskan hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan penilaian mata pelajaran Pendidikan Pancasila; dan 3) menjelaskan upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan pelaksanaan penilaian mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian ini berjumlah 2 orang guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila, dan informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pengawas mata pelajaran Pendidikan Pancasila, dan komunitas guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Milles & Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan penilaian Pendidikan Pancasila berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Kendari dilaksanakan dalam beberapa bentuk, yaitu: assesmen formatif, assesmen sumatif, dan assesmen diagnostik dan diagnostik non-kognitif; 2) Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan penilaian pendidikan Pancasila, yaitu: guru belum bisa membedakan penilaian formatif (sikap spiritual, dan sikap sosial, guru belum tekun dalam mendokumenkan hasil assesmen sumatif, guru belum terbiasa melakukan dan kurangnya pemahaman guru mengenai assesmen diagnostik, guru belum dapat membedakan tehnik penilaian baik penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kesulitan melaksanakan assesemen non-kognitif; dan 3) upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan pelaksanaan penilaian mata pelajaran pendidikan Pancasila kurikulum merdeka, yaitu: belajar memahami melalui PMM, pembelajaran melalui pengawas sekolah, pendampingan melalui pengawas sekolah, dan kegiatan pengembangan kemampuan guru.
Downloads
References
Amini, A.A., Siregar, F.M., Faraiddin, M., & Syafrida. N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Journal of University Pahlawan Tuanku Tambusai, 5(1), 38-47. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/
Cholilah, M., Tatuwo, G.P., Anggi, P.R., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 57-66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Darma, D.S. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 38 Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi, 3(4), 26-37. https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i4.4989
Khoirurrijal, F., Sofia, A.D.M., Gand, S., & Muin, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Literasi Nusantara Abadi.
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 90–91, https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
Marta, R., Vallindra, D. R. (2023). Sistem Informasi Penilaian Siswa pada Kurikulum Merdeka. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 11(2), 145-152. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v11i2.122692
Merpati, T., Lonto, A.L., & Biringan, J. (2018). Kreativas Guru dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772
Permatasari, A.D., Munaroh, F., Erosiana, S.M., & Izzatunnisa. (2023). Mampu Merancang dan Mengembangkan Penilaian Pembelajaran PKn yang Berorientasi dalam Peningkatan Kehidupan Berdasarkan Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 4(5), 16-25. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/730
Rinjani, I.R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV SDN 2 Gondang Tahun Pelajaran 2022/2023. JRP: Jurnal Rinjani Pendidikan, 2(1), 109-113. https://jurnalrinjanipendidikan.com/index.php/JRP
Wiguna, K.W.I., & Tristaningrat, A.N.M. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 87-95. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3354
Qurniawati, D. R. (2023). Efektifitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES) Universitas Muhammadiyah Surabaya, 195-203. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19736
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desinta Fitriani Desinta, Wa Ode Hijrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.