Faktor Penyebab Kurangnya Siswa Lulusan SMA Tidak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i1.35Keywords:
Faktor penyebab, kurangnya lulusan , siswa, melanjutkan pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kurangnya siswa lulusan SMA tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Desa Bakala Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari siswa lulusan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dari tahun 2020-2023 yang berjumlah 14 orang sebagai responden dan orang tua siswa lulusan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berjumlah 5 orang dan kepala Desa berjumlah 1 orang sebagai informan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Milles & Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor penyebab lulusan SMA tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tahun 2020-2023 di Desa Bakala Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali, yaitu: 1) faktor keinginan pribadi anak; 2) faktor ekonomi keluarga bisa menjadi hambatan karena biaya pendidikan yang tinggi; 3) faktor kurangnya dorongan dari orang tua dapat mempengaruhi keputusan untuk melanjutkan pendidikan; 4) faktor lokasi geografis dapat membatasi aksesibilitas ke perguruan tinggi; dan 5) faktor lingkungan sekitar, seperti budaya atau norma sosial, juga dapat mempengaruhi pilihan pendidikan seseorang.
Downloads
References
Nikmah, L. (2023). Analisis Mindset Remaja Lulusan SMA/Sederajat yang tTidak Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di RW 3 Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok Banyumas. (Skripsi Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). https://repository.uinsaizu.ac.id/18140/
Sahrin, A., Arafat, Y., & Hadi, A.M. (2022). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah di Era Otonomi. Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 180-188. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.202
Selvia, M., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa dalam Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi serta Implikasinya dalam Bimbingan Konseling: A Systematice Literature Review (SLR). Jurnal Pembimbingan Penyuluhan Islam, 5(2), 268-277. https://doi.org/10.32332/jbpi.v5i2.8003
Suaema, A. (2021). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Terhadap Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dodoto, 21(1), 12-20. https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dodoto/article/view/917
Winata, K. A. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Jurnal Ad-Man Pendidikan, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3338
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Nurdin, Irawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.