Penguatan Nilai Toleransi Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMP Swasta Antam Pomalaa

Authors

  • Riski Dwi Anggraeni Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo
  • La Iru Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/mores.v3i1.34

Keywords:

Nilai toleransi, kegiatan ekstrakurikuler, palang merah remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kegiatan apa saja yang dapat menguatkan nilai toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 6 orang, yaitu responden penelitian berjumlah 4 orang siswa anggota PMR. Informan penelitian berjumlah 2 orang yan terdiri dari 1 kepala sekolah dan 1 orang guru pembina PMR. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data Milles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kegiatan yang dapat dilakukan untuk menguatkan nilai toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Swasta Antam Pomalaa dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan, yaitu: 1) pertolongan pertama; 2) kegiatan peduli sosial; 3) kegiatan kemanusiaan donor darah; 4) kegiatan pelayanan UKS; dan 5) pelaksanaan sekolah siaga bencana. Kesimpulan penelitian ini adalah jenisjenis kegiatan apa saja yang dapat menguatkan nilai toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Swasta Antam Pomalaa dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan, yaitu: 1) pertolongan pertama; 2) kegiatan peduli sosial; 3) kegiatan kemanusiaan donor darah; 4) kegiatan pelayanan UKS; dan 5) pelaksanaan sekolah siaga bencana. Beberapa kegiatan tersebut ada yang belum terlaksana seperti kegiatan kemanusiaan donor darah yang disebabkan oleh para anggota PMR belum memenuhi syarat untuk mendonorkan darah dan pelaksanaan sekolah siaga bencana, namun para anggota PMR SMP Swasta Antam Pomalaa telah menerima materi mengenai kedua kegiatan tersebut yang disampaikan oleh pembina PMR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Delfina, Z., & Wulandari, R. (2022). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Di Kelompok Bermain Ar Rahman Galang Tinggi. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(1), 120-126. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.231

Huda, N., Zuhroidah, I., Toha, M., & Sujarwadi, M. (2021). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Pada Guru Pembina dan Anggota PMR. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(2), 323-328. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i2.3746

Ma’ruf, M. F. (2020). Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dewantara: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 6(2), 93-102. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/56

Mashunatun, U. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiata n Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (Pmr) Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Magetan (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18725

Mujiyanto, A.(2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Pada Kelasvi Sekolah Dasar. Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/

Septiyanto, N. I. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Pusponegoro Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. https://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1343

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

Articles