Pola Asuh Orang Tua dalam Menerapkan Disiplin Pada Anak Di Desa Pola Kabupaten Muna
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i1.33Keywords:
Pola asuh, orang tua, disiplin, anakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam menerapkan disiplin pada anak di desa pola kecamatan pasir putih kabupaten muna. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini sebanyak 8 orang yang terdiri dari 4 orang yang merupakan orang tua anak dan 4 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 orang anak cenderung mengalami pola asuh demokratis, 2 orang anak cenderung mengalami pola asuh otoriter dan 1 orang anak mengalami pola asuh permisif. Hal ini berarti bahwa dari tiga jenis pola asuh yang berlaku di masyarakat dominan mengunakan jenis pola asuh demokratis. Perbedaan penggunaan jenis pola asuh ini disebabkan oleh faktor lingkungan tempat tinggal, faktor sub kultur budaya dan faktor latar belakang pendidikan orang tua. Ketiga jenis pola asuh tersebut yang dominan digunakan adalah pola asuh demokratis. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua menggunakan pola asuh demokratis, peran aktif dan keterlibatan orang tua dapat membawa pengaruh bagi anak dalam menerapkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Cahyono, C., Margiani, V., & Talitha, R. I. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 198-211. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.185
Alisya, S. N., Oktavianti, I., & Setiawan, D. (2022). Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak Kelas V Di Desa Karangrowo. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2591-2594. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1134
Hapsari, E. T., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 870-873. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.145
Hidayat, M. B. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini Di Desa Ngraho Bojonegoro. (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21143.hlmn10
Muhtarom, M., & Atika, N. (2023). Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman di Desa Beringin Makmuri. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 253-264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10919.hlmn10
Mustamu, A. C., Hasim, N. H., & Khasanah, F. Jurnal Ilmiah Pola Asuh Orang Tua, Motivasi & Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Remaja Papua. https://doi.org/10.36085/jkmu.v8i1.640
Novitalia, N., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 9(1), 200-209. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9524
Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Minat Belajar Anak di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697-704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377
Rositania, L. W. R. L. W., & Ardianti, S. D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 30-42. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86
Sari, D. Y. (2021). Pola asuh orang tua dalam membentuk disiplin anak di masa pandemi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78-92. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5424hlmn.16
Surya, R. F. (2022). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Religius Anak (Komplek Griya Permata Jl Melati 2 RT. 16 RW 03 Kelurahan Handil Bakti Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/9603
Utami, A. A., & Faddila, S. P. (2023). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga. ABDIMA: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 4276-4281. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1650
Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 10(1), 1-7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/39473
Rositania, L. W. R. L. W., & Ardianti, S. D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 30-42. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86
Alisya, S. N., Oktavianti, I., & Setiawan, D. (2022). Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Anak Kelas V Di Desa Karangrowo. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2591-2594. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wa Halmiati, Abdul Halim Momo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.