Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v3i1.32Keywords:
Problem Solving, hasil belajar siswa, pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas X.A SMA Negeri 1 Watubangga; 2) meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas X.A SMA Negeri 1 Watubangga; dan 3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas X.A SMA Negeri 1 Watubangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantatif yang berupa tes hasil belajar dan metode kualitatif berupa observasi aktivitas belajar guru dan observasi aktivitas belajar siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran problem solving terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I ketuntasan secara klasikal 58,06% atau 18 orang memperoleh nilai KKM sebesar ≥75 meningkat pada siklus II menjadi 83,87% atau 26 orang siswa yang memperoleh nilai KKM sebesar ≥75. Aktivitas guru sesuai kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II sebesar 92% dengan peningkatan sebesar 27%. Aktivitas siswa sesuai kegiatan pembelajaran juga pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II sebesar 92%, artinya meningkat sebesar 27%
Downloads
References
Astuti, M., Herlina, Ibrahim, Prasilia, H., Sintia, D., & Wulandari, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(1), 141-151. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i1.541
Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review: Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147-153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505-6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257
Hastuti, E. (2019). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal PGSD, 12(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.55-62
Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal AlMurabbi, 3(1). http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161-170. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17
Ningsih, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Lubuklinggau Melalui Penggunaan Media Powerpoint. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 64-72. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12703
Nurohmah, N., Suchyadi, Y., & Mulyawati, Y. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri Sukaharja 01 Kabupaten Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(1), 067-070. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i1.6094
Sasrini, N. K. P. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13893
Suarjo, S. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teknik Berpikir, Berpasangan, Berbagi Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 07 Kabawetan. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.261-266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Amutia Sari, Hamuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.