Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Desrianti Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Reni Universitas Halu Oleo
  • Sulfa Universitas Halu Oleo

Keywords:

Dampak Smartphone, motivasi belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa dan bagaiaman upaya guru dan orang tua siswa di SMP Negeri 2 Sampolawa.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden  berjumlah 15 orang dan informan berjumlah 6 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan, yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak negatif lebih dominan dari pada dampak positif, karena siswa lalai dalam mengerjakan tugas karena asyik bermain game, sehingga mitivasi belajarnya turun. Upaya yang dilakukan guru salah satunya menetapkan aturan kepada siswa tentang larangan  menggunakan smartphone di sekolah tanpa anjuran dari guru mata pelajaran dan memberikan sanksi kepada siswa jika melanggar peraturan. Upaya orang tua siswa dalam mengatasi penggunaan Smartphine salah satunya adalah mengontrol serta meningkatkan pengawasan terhadap anak dalam menggunakan smartphone ketika berada dirumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmurti., Unde. A.A., & Rahamma, T. (2017). Dampak Penggunaan Smartphone di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KAREBA: Jurnal Komunikasi, 6(2), 225-234. https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5318

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Smartphone Terhadap Sikap Dingin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research And Development. Journal of Education, 4(2), 90. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article.view/3380

Nafessa, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone (Android) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Lintongnihuta. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 206–214. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.100

Perwanto, A., Zulfa, Z., & Junaidy, J. K. (2022). Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Solok Selatan. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 98. https://doi.org/10.24114/ph.v7i1.34596

Rika, S. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres Paropo Kota Makassar. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rosdiana, R., Wulandari, K., & Geroda, G. B. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone Pada Pelajar di SMP Negeri 33 Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(1), 34-41. https://doi.org/10.24903/jam.v2i1.292

Sobon, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106198

Downloads

Published

2024-09-09

Issue

Section

Articles