Implementasi Nilai Karakter Kejujuran Di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Lawa Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat)

Authors

  • Alfandi Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa Ode Reni Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Nilai, Karakter Kejujuran, Lingkungan Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi nilai karakter kejujuran di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Lawa, Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter kejujuran di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Lawa Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat dilaksanakan dalam bentuk: menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang, menyediakan kantin kejujuran, menyediakan kotak saran dan pengaduan, larangan membawa fasilitas komunukasi pada saat ulangan atau ujian, membuat dan mengerjakan tugas secara benar, tidak mencontek atau memberikan contekan, melaporkan kegiatan sekolah secara transparan, melakukan sistem perekrutan siswa secara benar dan jujur, melakukan sistem nilai yang akuntabel dan tidak melakukan manipulasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfandi, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Wa Ode Reni, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

References

Abdurrachman, R., & Makhful, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 1(2), 140-147. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10133.

Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32.

Chomsatun, C., (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan dan Kejujuran Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang. Integralistik, 28(2), 105-118. https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13718.

Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nurhasanah, S. (2020). Implementasi Nilai Kejujuran Akademik Peserta Didik di Lingkungan Sekolah Dasar. Nur el-islam: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 52-66. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.143.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25-29. http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157-182. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Karsadi. 2018. Metodologi Penelitian Sosial “Antara Teori dan Praktek”. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Komalasari, Kokom, dkk., (2017). Pendidikan Karakter “Konsep dan Aplikasi Living values Education”. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurnia, D. A. (2014). Implementasi Nilai Kejujuran di Sekolah Dasar Negeri Kota Gede 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 28-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69.

Rohayu Fadilla, R. F. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Thomas Lickona Pada Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-03

Issue

Section

Articles