Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Keywords:
Peran guru PPKn, motivasi belajar, peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai peran guru ppkn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang orang guru PPKn,dan 3 orang peserta didik kelas X ATPH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu: a) menjadikan peserta didik yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar; b) menciptakan susasana kelas yang kondusif; c), menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi; d) meningkatkan antusias dan semangat dalam belajar; e) memberikan penghargaan; f) menciptakan aktivitas yang melibatkan peserta didik dalam kelas. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, yaitu: a) cita-cita/Aspirasi; b) kemampuan peserta didik; c) kondisi Peserta didik dan lingkungan; d) unsur dinamis dan pengajaran; dan e) upaya guru dalam mengajar peserta didik.
Downloads
References
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Enda, A., (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, 5(2), 93-196. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Kurniawansyah, E., Fauzan, A. ., & Mustari, M. . (2023). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1175–1179. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1454
Ledwina Ajung, I Negah Suastika, & Dewa Bagus Sanjaya. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai). Ganesha Civic Education Journal, 4(1), 9-15. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/1303
Sumiati. (2018). Peranan Guru Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 3(2), 146-164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tanti, E., Nuwa, G., Abdul., N., & Rahman. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motiasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 1 Talibura. Journal Transformation of Mandalika, 4(11), 625-634. 2264-Article Text-8550-1-10-20231130.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmi, Muh. Yusuf, Nerlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.