Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Peduli Lingkungan Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Kendari

Authors

  • Wiwin Winangsi Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo
  • Samiruddin Universitas Halu Oleo

Keywords:

Pendidikan karakter, nilai peduli lingkungan, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan penguatan pendidikan karakter terhadap nilai peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 2 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 3 orang wali kelas, 1 orang ketua osis, dan 6 orang siswa. Sehingga jumlah total responden dan informan dalam penelitian ini adalah 13 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan penguatan pendidikan karakter pada nilai-nilai peduli lingkungan siswa di SMP Negeri 2 Kendari telah berjalan dengan baik, mulai dari menjaga kelestarian lingkungan sekolah, tidak mencabut bunga atau tanaman di lingkungan sekolah, tidak mencoret-coret atau menulis di dinding sekolah, selalu membuang sampah pada tempatnya, dan melakukan kegiatan rutin seperti pengabdian kepada masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai peduli lingkungan di sekolah telah berjalan dengan baik dan berdampak positif bagi siswa. Dampak positif tersebut antara lain dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan, memperbaiki perilaku siswa yang peduli terhadap lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghemat air dan listrik, serta tidak merusak lingkungan. Peningkatan penguatan pendidikan karakter tentang nilai-nilai peduli lingkungan siswa telah dilakukan dengan cukup baik di SMP Negeri 2 Kendari dan diharapkan hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa mendatang. Agar siswa di SMP Negeri 2 Kendari lebih meningkatkan kesadaran untuk selalu memiliki sikap nilai-nilai karakter peduli lingkungan dan tidak pernah bosan untuk selalu belajar dan menambah wawasan utamanya terkait pendidikan karakter peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, Y.F., Yuriska, R., & Arditasari, S.T., (2021). Pendidikan Karakter dan Etika Dalam Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021.

Asa, M., (2020). Membangun Pendidikan Karakter Anak Menggunakan Pembelajaran Sastra. Miyah: Jurnal Studi Islam, 16(1), 215-228. https://doi.org/10.33754/miyah.v16i1.249

Komara, E., (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education 4(1), 17-26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.g889

Esthi, F.G., (2019). Analisis Gaya Hidup Imitasi Remaja dalam Komunitas Maranatha Youthteen di Ungaran. Jurnal Komunikasi, 10(2), 28-34. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19432

Hasnidar, S., (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97-105. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Haul, S., Yosef, F.N. & Nardi, M., (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar (The Implementation of Environmental Awareness Character Education In Elementary Schools). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1(3), 18-25. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i1.2184

Herlina, N., (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Yustisi, 3(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.25157/jigj.v3i2.93

Ismail, M.J., (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1), 59-68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Iswatiningsih., (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal di Sekolah. JURNAL SATWIKA, 3(2), 155-164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Lestari, A., Budiaman & Sujarwo. (2022). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program PHBS Di SMPN 242. Buletin KKN Pendidikan 4(2), 133-142. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19528

Nugroho, A., (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan Di MIM Pakang Andong. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69-74. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11196

Nuzulia, S., Sukamto & Purnomo, A., (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Pedoman Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Purnama, S., Salim, F., (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Osis di SMA Negeri 9 Pontianak. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287-301. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8890

Putra, P.F., (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan dalam Organisasi Greenpeace Regional Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(2), 135-148. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i2.5195

Putri, D.A.A., & Setyowati, R.R.N., ( 2013). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Berwawasan Lingkungan SMPN 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Journal of Civics and Moral Studies, 8(2), 81-95. https://doi.org/10.26740/jcms.v8n2.p81-95

Pratiwi, D.T., Sapitri, I.N., Wibowo, S., & Prastiwi, Y., (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP N 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(2), 40-46. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10876

Ramdhani A.M., (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Rahmawati, I., & Suwanda, I.M., (2015). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(3), 71-88. https://core.ac.uk/download/pdf/230709271.pdf

Sabardila, A., (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan Pada Siswa MIM Derasan Sempu. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.25

Suherman, T., & Hijrah, W.O., (2023). Implementasi Nilai Karakter Siswa Peduli Lingkungan di SMP Negeri 14 Kendari. SELAMI IPS, 16(1), 46-53. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.25

Wardani, D.N.K., (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Wardani., Septiana, M., Nugroho, N.R.I & Ulinuha, M.T., (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313

Wijaya, N., (2023). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Wahana Bina Pemerintahan, 10(1), 42-56. https://doi.org/10.55745/jwbp.v10i1.118

Downloads

Published

2024-09-09

Issue

Section

Articles