Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Authors

  • Cahya Tama Rafiqi Universitas Halu Oleo
  • Karsadi Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo
  • Rahman Universitas Halu Oleo

Keywords:

Nilai karakter, ekstrakurikuler pramuka, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batuga, (2) untuk mengetahui hambatan dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga, dan (3) untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu terdiri atas responden  sebanyak 4 orang guru pembina pramuka di SMP Negeri 1 Batauga. Sedangkan Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah SMP Negeri 1 Batauga dan siswa yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter yang telah ditanamkan kepada siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga, yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, komunikatif, peduli lingkungan, tanggungjawab dan gotong royong. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga telah dilaksankan namun belum maksimal karena masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, A.H., (2016). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(1), 82-96. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1424

Ajirna, A., & Hasan, H. (2018). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramsuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 40-49. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761

Ali, M., (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Amreta, M.Y., (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38. https://doi.org/10.32665/ulya.v3i1.694

Asrivi, Q.E.S., (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(2), 255-268. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483

Damanik, S.A., (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16-21. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1383

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201-210. http://dx.doi.org/10.30651/aks. v3i2.1898

Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A., (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri 04 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan (JUMPED) 10(1), 97-107. http://dx.doi.org/1031258/jmp.10.1.p.97-107

Hijrianto, M.T., (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Kepribadian Dan Pembinaan Mental Spiritual Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Beladiri Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah di SMK Muhammadiyah Rembang (Doctoral dissertation, IAIN Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4500

Ismayaningrum, E. (2016). Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Bukateja, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Hanata Widya, 5(2), 78-89. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/1343

Karsadi. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusnoto, Y., (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675

Laksono, F. (2018).Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70-78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Munandi, A (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 58-69. https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i1.76

Nugraha, S.A., (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158-176. https://doi.org/10.12345/al-munawwarah.v8i2.3293

Nurjani. (2022). Peran Kegiatan Pramuka dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa SDIT An-Najah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (PAJAR), 6(3), 838-846. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Krakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Rozi, F., & Hasanah, U., (2021).Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Jurnal Manazhim, 3(1), 110-126. https://10.36088/manazhim.v3i1.1075

Sp, J. I. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8944/6505

Sulastri, S., & Simarmata, M.Y., (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Aspek Keterampilan Berbicara dan Menulis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II 2(1), 108-110. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38956

Supriadi, U.S., (2014). Efektivitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Edutech, 13(3), 374-385. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H., (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11). http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I., (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras dan Tanggung jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 101. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571

Downloads

Published

2024-09-09

Issue

Section

Articles