Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Keywords:
Nilai karakter, ekstrakurikuler pramuka, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batuga, (2) untuk mengetahui hambatan dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga, dan (3) untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu terdiri atas responden sebanyak 4 orang guru pembina pramuka di SMP Negeri 1 Batauga. Sedangkan Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah SMP Negeri 1 Batauga dan siswa yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter yang telah ditanamkan kepada siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga, yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, komunikatif, peduli lingkungan, tanggungjawab dan gotong royong. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Batauga telah dilaksankan namun belum maksimal karena masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaanya.
Downloads
References
Aji, A.H., (2016). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(1), 82-96. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1424
Ajirna, A., & Hasan, H. (2018). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramsuka di SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 40-49. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761
Ali, M., (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Amreta, M.Y., (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38. https://doi.org/10.32665/ulya.v3i1.694
Asrivi, Q.E.S., (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(2), 255-268. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483
Damanik, S.A., (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16-21. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1383
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201-210. http://dx.doi.org/10.30651/aks. v3i2.1898
Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A., (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri 04 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan (JUMPED) 10(1), 97-107. http://dx.doi.org/1031258/jmp.10.1.p.97-107
Hijrianto, M.T., (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Kepribadian Dan Pembinaan Mental Spiritual Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Beladiri Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah di SMK Muhammadiyah Rembang (Doctoral dissertation, IAIN Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4500
Ismayaningrum, E. (2016). Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 1 Bukateja, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Hanata Widya, 5(2), 78-89. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/1343
Karsadi. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusnoto, Y., (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675
Laksono, F. (2018).Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70-78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Munandi, A (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 58-69. https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i1.76
Nugraha, S.A., (2016). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158-176. https://doi.org/10.12345/al-munawwarah.v8i2.3293
Nurjani. (2022). Peran Kegiatan Pramuka dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa SDIT An-Najah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (PAJAR), 6(3), 838-846. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8761
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Krakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Rozi, F., & Hasanah, U., (2021).Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Jurnal Manazhim, 3(1), 110-126. https://10.36088/manazhim.v3i1.1075
Sp, J. I. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8944/6505
Sulastri, S., & Simarmata, M.Y., (2019). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Aspek Keterampilan Berbicara dan Menulis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II 2(1), 108-110. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38956
Supriadi, U.S., (2014). Efektivitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Edutech, 13(3), 374-385. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3091
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H., (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11). http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746
Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I., (2020). Penerapan Nilai Kerja Keras dan Tanggung jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 101. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cahya Tama Rafiqi, Karsadi, Abdul Halim Momo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.