Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa

Authors

  • Muhammad Idrus Universitas Halu Oleo
  • Aswati Universitas Halu Oleo
  • Samiruddin Universitas Halu Oleo

Keywords:

Peran guru, pendidikan kewarganegaraan, kecerdasan moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaparkan peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengkaji fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengembangan kecerdasan moral siswa di SMP Negeri 5 Kendari yaitu menasehati dan mengingatkan siswa tentang nilai-nilai moral, membahas dan menunjukkan contoh konkret tentang nilai-nilai moral secara tidak langsung yang terintegrasi dengan mata pelajaran dan proses pembelajaran kelompok, mendorong siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah dalam pengembangan moral siswa terutama sikap toleran dan kontrol diri.  Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa guru PKn SMP Negeri 5 Kendari berperan aktif dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa yaitu dengan mengintegrasikan penanaman nilai-nilai kecerdasan moral dalam proses pembelajaran, membahas materi pelajaran dan mengaitkan dengan nilai kecerdasan moral, mendorong mengkuti kegiatan ekstrakurikuler dan memberi contoh atau model tentang orang yang memiliki nilai-nilai kecerdasan moral. Peranan guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral sangat penting dalam mengembangkan moral siswa yang berakhlak mulia serta dapat menciptakan peradaban yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, R. F., Pitoewas, B. & Adha, M. M., (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 3(1), 1-14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/7479

Ahmadin & Sabia, S. (2021). Internalisasi Peran Guru PPKn dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1347-1358. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1347-1358.2021

Fitri, M., & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Hafsah & Afni. (2021). Pendidikan Kecerdasan Moral Sebagai Penguatan Kepribadian Siswa Era Industry 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 24-30. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5813

Handayani, N., & Elan. (2023). Peran Guru PKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i1.53514

Hasyim, R., & Udin, A. (2021). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Peserta Didik di SMP Negeri 33 Halmahera Selatan. Jurnal Edukasi: FKIP Universitas Kahirun, 19(2), 136-150. http://dx.doi.org/10.33387/j.edu.v19i2.3817

Hermawan, A. R., Bariah, O., & Ramdhani, K. (2021). Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 5(2), 812-822. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1772

Kristina, G., (2019). Studi Komparasi Kecerdasan Moral Siswa Ditinjau Dari Sekolah Reguler dan Sekolah Islam Terpadu Full Day School. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 509-518. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4825

Mulyono, D. S. (2016). Model Pengembangan Kecerdasan Moral dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 14(1), 14-22. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5559

Notosrijoedono, R. A. A., (2015). Menanamkan Kecerdasan Moral Sejak Anak Usia Dini Pada Keluarga Muslim. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 132-146. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.9

Nurainiah. (2022). Aspek Perkembangan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia Dini. TARBIYATUL-AULAD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(1), 119-137. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/4686

Pranoto, Y. K. S., Auliya, F., & Saputri, U., (2022). Instrumen Kecerdasan Moral untuk Anak: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1677-1789. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1803

Pranoto, Y. K. S., (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Edukasi, 14(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962

Rahman, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik. LINEAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 13-26. https://doi.org/10.53090/jlinear.v3i2.139

Rifa, M. A., (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 116-124. http://eprints.uad.ac.id/9770/1/116-124%20Mochamad%20Arinal%20Rifa.pdf

Septiani, D., & Nasution, I. N., (2018). Peran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Bagi Perkembangan Kecerdasan Moral Anak. Jurnal Psikologi, 13(2), 120-131. https://doi.org/10.24014/jp.v13i2.4045

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 53-63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Suherli, N., Agusdianita, N., & Lusa, H., (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Moral dengan Kecerdasan Sosial Siswa SD Kelas IV Gugus XII Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 159-165. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.159-165

Winurini, S., (2016). Telaah Kecerdasan Moral Remaja Melalui Moral Compotency Inventory (Studi Pada Pelajar di Bali). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 7(2), 187-197. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v7i2.1289

Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran PKn. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 5(6), 5462-5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638

Downloads

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles