Strategi Guru PPKn dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Asti Universitas Halu Oleo
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo
  • Andi Syahrir Universitas Halu Oleo

Keywords:

Strategi guru, keaktifan belajar, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik di SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dari penelitian ini berjumlah 1 orang terdiri dari guru PPKn, sedangkan informan dari penelitian ini berjumlah 2 orang siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia. Tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, yaitu, ) reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia dianggap belum cukup baik, hal ini disebabkan karena: 1) situasi kelas tidak menantang siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara bebas dan terkendali; 2) guru mendominasi pembicaraan dan tidak memberikan  kebebasan pada siswa untuk berpikir dan memicahkan masalah; 3) guru menyediakan dan mengusahakan sumber belajar bagi siswa baik sumber tertulis dan sumber manuisa; 4) kegiatan belajar siswa tidak bervariasi; 5) hubungan guru dengan siswa sifatnya mencerminkan hubungan manusiawi bagaikan hubungan bapak anak; 6) situasi dan kondisi kelas kaku terikat dengan suasana yang mati; 7) belajar tidak hanya dilihat dari segi hasil yang dicapai siswa tapi juga dilihat dan diukur dari segi proses belajar yang dilakukan peserta didik, (8) pesertas didik tidak mempunyai keberanian untuk mengajukan pendapatnya melalui pertanyaan atau  pernyataan gagasannya, baik yang diajukan kepada guru maupun pada siswa lainnya dalam pemecahan masalah belajar; dan 9) guru senangtiasa menghargai pendapat siswa terlepas dari benar. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik di SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia, yaitu faktor internal terdiri dari intelegensi, sikap, bakat, minat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan sosial dan lingkungan non sosial. Faktor-faktor tersebut menjadi penghalang dalam keaktifan belajar siswa di SMP Negeri Satu Atap 2 Soropia, sehingga kekatifan belajar peserta didiknya masih belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan, F. (2019). Strategi Guru Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. Internasional Jurnal of Elementary Education, 3(4), 439-446. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Bhughe, K.I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113-125. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Pratomo, I. F., Rifqia, M., & Sunaryati, T. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kebanggaan Dalam Penentuan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 442-447. https://doi.org/10.5281/zenodo.10427156

Gusri. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Karsadi. (2018). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Kirom, A. (2017). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusumawati, N., & Maruti, E., (2020). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: CV Media Grafika.

Susilowati, D. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran (IPAS). Jurnal Pendidikan, 2(1), 256-266. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.39170

Syah. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Nahdhotul Ulama' Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 363-374. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.379

Uno, Hamzah B., & Lamatengo, N. (2016). Tugas Guru dalamPpembelalajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics, 14(2); 196-205.

Yuniati, N., & Septatiningsih, R. I. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Melalui Model Learning di SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 3(1), 21-28. https://doi.org/10.31316/jk.v3i1.515

Yusri, Y. (2013). Strategi Pembelajaran Andragogi. Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25-52. https://doi.org/10.24014/af.v12i1.3861

Downloads

Published

2024-10-21

Issue

Section

Articles