Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabawo
Keywords:
Motivasi, hasil belajar PPKn, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabawo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabawo, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Saat penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar termasuk dalam kategori rendah dengan R sebesar 0,602, sedangkan besarnya sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 46% dan 54% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan besar kecilnya motivasi belajar siswa dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y=45,379+0,602 X. Konstanta sebesar 45,379 artinya jika nilai motivasi belajar (X) bernilai 0 maka nilai hasil belajar PKn adalah 28.798. koefisien regresi variabel motivasi belajar (X) sebesar 0,693 artinya jika pengaruh motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 5, maka hasil belajar PKn (Y) mengalami peningkatan sebesar 48,389. Koefisiennya bernilai positif, artinya terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabawo.
Downloads
References
Ahiri, J., dkk., (2011). Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora.
Asih. (2015). Motivasi Belajar di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Ygyakarta.
Emda, A., (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Ponogoro:Universitas Muhammadiyah Ponogoro. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index
Luthfi, R.I., (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT Elsiscom Prima Karya, Kantor Perwakilan Surabaya). Malang : Universitas Brawijaya Malang.
Makrifat. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Bidang Studi PAI di SMA-IT Wahdah Islamiyah Makasar. Makasar: UIN Alaudin Makasar.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta-Indonesia: PT. Prestasi Pustakarya.
Nugroho, A., (2013). Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri I Sedayu. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhayati. (2014). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Peserta Didik MTs. Islamiyah Plangka Raya. Palangka Raya: MTs Islamiyah Palangka Raya.
Rafiqah, M., (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Rozana, K., (2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Malang: Universitas Negeri Malang.
Siregar, S., (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif di lengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIISMP Negeri 13 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Shabir. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Makasar:UIN Alaudin Makasar Stevani. (2014). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Padang: Sumatra Barat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Santi, Irawaty, Andi Syahrir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.