Pelaksanaan Pendidikan Politik Pada Masyarakat Oleh Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Muna
DOI:
https://doi.org/10.36709/mores.v1i1.2Keywords:
Pendidikan politik, masyarakat, partai politikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan politik PDI Perjuangan pada masyarakat Kabupaten Muna; 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan politik PDI Perjuangan pada masyarakat Kabupaten Muna. Meteode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang. Instrumen penelitian ini digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan politik pada masyarakat Kabupaten Muna sudah berjalan dengan baik hal ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1) Partai politik harus memberikan pengetahuan politik kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara supaya masyarakat memiliki kesadaran politik (wah’yu siyasi); 2) Partai politik memberikan wawasan kepada masyarakat akan tertanam keyakinan politik yang akan membentuk kepribadian politik (dzat siyasiyah); 3) Munculnya partisipasi politik (musyarokah siyasiyah) untuk memperdalam rasa tanggung jawab pada diri penguasa maupun rakyat dan merupakan sarana untuk memperkokoh pemerintahan kolektif Faktor yang mempengaruhi penerapan pendidikan politik, yaitu: 1) faktor individu terdiri dari apatisme dan sinisme politik dan rendahnya latar belakang pendidikan; 2) faktor lingkungan terdiri dari money politik dan kampanye hitam.
Downloads
References
Adityawarman. (2020). Pembangunan Politik dan Kualitas Demokrasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 397-409. http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i2.3516.
Antoro, Dwi, dkk., (2018). Pembangunan Politik Terhadap Pembanguana Nasional. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 57-65. https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2545.
Arman, Z. (2018). Tinjauan Terhadapa Sistem Multi Partai dalam Pemerintahan Presidensial di Indonesia Pada Era Reformasi. Jurnal Cahaya Keadilan, 6 (1), 1-15. https://doi.org/10.33884/jck.v6i1.875.
Edwin, N. (2015). Implementasi Pendidikan Politik Bagi Warga Negara dalam Rangka Mewujudkan Demokratisasi di Indonesia. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 2(1), 54-58. https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4560.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pres.
Fatwa, N.A. (2016). Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Bupati Tahun 2013 di Desa Sesulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1615-1626.
Hermawan, C. I. (2020). Implementasi Pendidikan Politik Pada Partai Politik di Indonesia. Jurnal Pendidikan Politik Hukum dan Kewarganegaraan, 10(1), 1-19. https://jurnal.unsur.ac.id/jpphk/article/view/939/838.
Kusuma, W, dkk., (2020). Fungsi Partai Politik Dalam Pendidikan Politik Masyarakat. Jurnal Kontruksi Hukum, 1(1), 164-169. https://doi.org/10.22225/jkh.1.1.2150.164-169.
Pasaribu, P. (2017). Peran Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 5(1), 51-59. https://10.31289/jppuma.v5i1.1125.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Mores: Moral Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.