Pelaksanaan Pendidikan Politik Pada Masyarakat Oleh Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Muna

Authors

  • Argogon Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sulfa Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/mores.v1i1.2

Keywords:

Pendidikan politik, masyarakat, partai politik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan politik PDI Perjuangan pada masyarakat Kabupaten Muna; 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan politik PDI Perjuangan pada masyarakat Kabupaten Muna. Meteode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang. Instrumen penelitian ini digunakan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan  pendidikan politik pada masyarakat Kabupaten Muna sudah berjalan dengan baik hal ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1) Partai politik harus memberikan pengetahuan politik kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara supaya masyarakat memiliki kesadaran politik (wah’yu siyasi); 2) Partai politik memberikan wawasan kepada masyarakat akan tertanam keyakinan politik yang akan membentuk kepribadian politik (dzat siyasiyah); 3) Munculnya partisipasi politik (musyarokah siyasiyah) untuk memperdalam rasa tanggung jawab pada diri penguasa maupun rakyat dan merupakan sarana untuk memperkokoh pemerintahan kolektif Faktor yang mempengaruhi penerapan pendidikan politik, yaitu: 1) faktor individu terdiri dari apatisme dan sinisme politik dan rendahnya latar belakang pendidikan; 2) faktor lingkungan terdiri dari money politik dan kampanye hitam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Argogon, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Sulfa, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

References

Adityawarman. (2020). Pembangunan Politik dan Kualitas Demokrasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 397-409. http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i2.3516.

Antoro, Dwi, dkk., (2018). Pembangunan Politik Terhadap Pembanguana Nasional. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 57-65. https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2545.

Arman, Z. (2018). Tinjauan Terhadapa Sistem Multi Partai dalam Pemerintahan Presidensial di Indonesia Pada Era Reformasi. Jurnal Cahaya Keadilan, 6 (1), 1-15. https://doi.org/10.33884/jck.v6i1.875.

Edwin, N. (2015). Implementasi Pendidikan Politik Bagi Warga Negara dalam Rangka Mewujudkan Demokratisasi di Indonesia. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 2(1), 54-58. https://doi.org/10.36706/jbti.v2i1.4560.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pres.

Fatwa, N.A. (2016). Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Bupati Tahun 2013 di Desa Sesulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1615-1626.

Hermawan, C. I. (2020). Implementasi Pendidikan Politik Pada Partai Politik di Indonesia. Jurnal Pendidikan Politik Hukum dan Kewarganegaraan, 10(1), 1-19. https://jurnal.unsur.ac.id/jpphk/article/view/939/838.

Kusuma, W, dkk., (2020). Fungsi Partai Politik Dalam Pendidikan Politik Masyarakat. Jurnal Kontruksi Hukum, 1(1), 164-169. https://doi.org/10.22225/jkh.1.1.2150.164-169.

Pasaribu, P. (2017). Peran Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 5(1), 51-59. https://10.31289/jppuma.v5i1.1125.

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles