Kinerja Guru PPKn Bersertifikat Pendidik Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Inovatif Di SMA Negeri 2 Tomia

Authors

  • Wa Alma Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo
  • Sulfa Universitas Halu Oleo

Keywords:

Kinerja guru, sertifikat pendidik, tujuan pembelajaran

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja guru PPKn bersertifikat pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran inovatif di SMA Negeri 2 Tomia dan untuk mengidentifikasi kendala guru PPKn bersertifikat pendidik di SMA Negeri 2 Tomia dalam merumuskan tujuan pembelajaran inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, responden dalam penelitian ini adalah dua orang guru PPKn SMA Negeri 2 Tomia sedangkan informan penelitian ini adaah kepala sekolah SMA Negeri 2 Tomia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru PPKn bersertifikat pendidik dalam merumuskan tujuan pembelajaran inovatif di SMA Negeri 2 Tomia belum memenuhi keseluruhan unsur-unsur rumusan tujuan pembelajaran inovatif seperti: (1) pada unsur ABCD (audience, behavior, condition, dan degree) masih ditemukan rumusan tujuan pembelajaran hanya ada pada audience, behavior, condition, tidak dicantumkan unsur degree, bahkan hanya mencantumkan unsur behavior saja, (2) pada unsur kolaborasi peserta didik dan guru tidak ditemukan kolaborasi peserta didik dan guru hanya fokus pada siswa, (3) pada unsur HOTS rumusan tujuan pembelajaran yang dirumuskan guru PPKn belum sepenuhnya memuat unsur HOTS di mana rumusan tujuan pembelajarannya masih ada yang menggunakan kata kerja LOTS, (4) pada unsur integrasi teknologi informasi dan komunikasi, rumusan tujuan pembelajaran yang dirumuskan masih ada yang belum mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), (5) rumusan tujuan pembelajarannya masih ada yang belum berorientasi pada keterampilan belajar dan mengembangkan keterampilan abad 21 (4C), (6) rumusan tujuan pembelajarannya hanya mencantumkan paling banyak dua kemampuan literasi dari enam kemampuan literasi, dan (7) rumusan tujuan pembelajarannya masih ada yang belum mencantumkan penguatan pendidikan karakter. Kendala guru PPKn dalam merumuskan tujuan pembelajaran inovatif, antara lain: (1) Kecenderungan paradigma berpikir guru bahwa RPP merupakan pemenuhan kelengkapan administrasi saja, sehingga tidak memperhatikan unsur-unsur penting dalam perumusan tujuan pembelajaran inovatif, (2) Kurangnya kerjasama dan dukungan yang baik antara guru dalam kelompok guru mata pelajaran dan atasan, (3) Kurangnya kesadaran untuk mengikuti pelatihan-pelatihan pembelajaran inovatif, (4) Sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan (5) Manajemen waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Azizah, F. N., (2018). Kendala guru PPKn dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran pada RPP di SMP Negeri 8 Surakart. Seminar Nasional Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan dan Kemasyarakatan. Laboratorium PPKn FKIP UNS. 7 Juli.

Irwan, K., (2021). Implementasi Kinerja Guru Pada pembelajaran PPKn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1862-1869. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartomo, A. I., & Slameto. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Jurnal Manajemen pendidikan. 3(2), 219-229. jurnalkelola@gmail.com

Miyarso, E., (2019). Modul Perancangan. Pembelajaran inovatif jakarta Muspawi, M., (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 21(1), 101-106. http://doi.org/10.330887/jiubj.v21i1.1265

Rohman, H., (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen dan Keguruan, 1(2), 92-102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Syahputra, A., (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran dan Materi Pembelajaran Pada RPP Melalui Bimbingan. Jurnal of Education And Social Analysis, 3(2), 123-139.

Yuliantini, N., Juarsa, O., & Resnani. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inovatif Abad 21 Pada Guru di SDN 78 Bengkulu Tengah. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 1-6.

Yulianti, Hariyanto & Zuhara, R., (2019). Kinerja Guru PPKn yang Sudah Bersertifikat Berupa Perangkat Pembelajaran Di SMP Negeri 4 Praya. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 121-132. https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam

Wulandari, A., Juarsa, O., & Agusdianita, N., (2020). Pengembangan RPP Inovatif Abad 21 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 362-372.

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles