Kinerja Guru Honorer dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Lapandewa

Authors

  • Sarfini Universitas Halu Oleo
  • La Iru Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Reni Universitas Halu Oleo

Keywords:

Kinerja guru honorer, pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru honorer PPKn dalam pembelajaran di SMA Negeri 2 Lapandewa, dan (2) faktor yang mempengaruhi kinerja guru honorer PPKn di SMA Negeri 2 Lapandewa. Jenis Penelitian ini adalah  penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru honorer PPKn berjumlah 1 guru dan kepala sekolah SMA Negeri 2 Lapandewa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru honorer PPKn termasuk kategori kurang baik. Kinerja guru honorer PPKn dalam Pembelajaran di SMA Negeri 2 Lapandewa masih belum maksimal karena: (1) guru membuat rencana pembelajaran dalam tujuan pembelajaran belum memenuhi kriteria ABCD, sumber belajar yang dipakai tidak sesuai dengan RPP, merencanakan penilaian hanya memuat jenis/teknik penilaian untuk aspek kognitif dan afektif saja, bentuk instrumen tanpa disertakan pedoman penskoran, (2) melaksanakan pembelajaran dalam penyajian materi menggunakan pendekatan saintifik tetapi dalam pembelajaran tidak terlaksana semua, untuk media pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan RPP, metode dan model yang digunakan juga tidak sesuai dengan RPP, dan (3) melakukan evaluasi pembelajaran belum sesuai dengan RPP yang diberikan kepada peserta didik dalam menjawab pertanyaan pada saat ulangan atau ujian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gafur, A., (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Mulyasa, E., (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum.

Mitchel, T.R., & Larson. (1987). People and Organization; An Introduction to Organizational Behavior. Singapore: Mc Graw Hill Inc.

Nugroho, N. T. P. A., Rohiat, & Puspa, J., (2017). Kinerja Guru Honorer dalam Pembelajaran di SMP. Managemen Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i1.3191

Pandipa, A. K. H., (2019). Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1) http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/256

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi ( Mix Methods). Bandung Alfabeta

Suprihatiningrum, J., (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Komptensi Guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryosubroto. (2002) . Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Susanto, H., (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2) https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Utami, S. H., Abdul R., & Baryanto. (2020). Kinerja Guru Tidak Tetap dan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 14(1) https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.746

Winataputra, U.S., & Suhardan, D., (2018). Mutu Sekolah: Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru. Jurnal Administrasi Pendidika, 25(1) https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11568

Yamin, M., & Maisah. (2010). Kepemimpinan dan manajemen masa depan. Bogor: IPB Press.

Downloads

Published

2024-04-22

Issue

Section

Articles