Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Inquiri

Authors

  • Serdiansyah Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Idrus Universitas Halu Oleo

Keywords:

Metode pembelajaran inquiri, pembelajaran PPKn, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kualitas pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran berbasis inquiri pada mata pelajaran PKn, (2) peningkatan kualitas pembelajaran siswa setelah mengunakan metode pembelajaran berbasis inquiri pada mata pelajaran PKn, dan (3) penerapan metode pembelajaran berbasis inquiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan mengunakan model Kemmis dan Mc Tangart berbentuk siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Subjek peneliti ada 20 siswa dan guru (wali kelas). Hasil penelitian menunjukan bahwa: metode pembelajaran berbasis inquiri pada mata pelajaran PKn yang sudah berjalan dengan baik, hasil dari test, menghasilkan hasil belajar pada siklus I peserta didik yang tuntas pada siklus I hasil siklus I menunjukkan bahwa pada ranah kognitif (tes) meningkat menjadi 75,87% siswa telah mencapai nilai KKM, pada ranah kognitif (produk) meningkat menjadi 75,86% siswa telah mencapai nilai KKM, pada ranah afektif siswa yang telah mencapai skor standar (baik) adalah 75,86%, dan pada ranah psikomotorik siswa yang telah mencapai skor standar adalah 89,65%. Hasil belajar PKn siklus II ranah Kognitif (tes) menunjukkan 79,31% siswa yang telah mencapai KKM, ranah kognitif (produk) menunjukkan 100% siswa yang telah mencapai KKM, ranah afektif 82,76% siswa telah mencapai skor standar, dan ranah Psikomotorik 93,10% siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data maka penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inquiri dapat meningkatkan kualitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomia pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran berbasis inquiri dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carlucy, S. & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162-169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W., (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1), 81-87 https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74

Karwono dan Heni Mularsih 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemenfaatan Sumber Belajar. Ciputat: Cerdas Jaya.

Kurniawan, A. D., (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8-11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 103-111. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A., (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Maulidah, A. N., & Aslam. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281–286. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488

Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP. Jurnal Numeracy, 8(1), 25-40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333

Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802

Sanjaya, W., (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, U., (2020). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study dalam Menumbuhkan Kemampuan Argumentasi Komunikasi dan Kognitif Mahasiswa. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 1689-1699. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/1762

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T., (2019). engaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S., (2016). Inquiry-Based Science Comic Physics Series Integrated with Character Education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38-44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787

Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56-63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Articles